Jumat, 30 September 2011

Ekspor Batik Indonesia Paling Laris di AS

Amerika Serikat (AS) merupakan negara pengimpor batik terbesar dari Indonesia. Negeri Paman Sam itu mengimpor puluhan juta dolar AS produk batik dan tekstil lainnya.

Menteri Perdagangan Mari Elka Pangestu menyatakan saat ini nilai ekspor batik kain maupun produk turunannya ke pasar AS mencapai US$ 60 juta.

"Kalau sekarang sebetulnya kalau kita masukan produk-produk turunan yang lain angka kita menunjukan US$ 60 juta," ujarnya saat ditemui di JCC, Rabu (28/9/2011).

Mari menyebutkan hampir 40% ekspor batik ditujukan untuk negeri Paman Sam, Amerika Serikat untuk kebutuhan fashion dan design. "Paling banyak Amerika, 30-40%. Pasar terbesar Amerika dan Eropa. Itu yang paling banyak kain, fashion, dan seperti interior," jelasnya.

Mari menyatakan akan melakukan diversifikasi pasar guna meningkatkan ekspor produk asli Indonesia ini. Diversifikasi pasar tersebut meliputi wilayah Afrika dan Asia.

"Kita harapkan ini akan meningkat terus, tapi di luar nilai batik sebagai produk, seperti yang disampaikan Bapak Presiden sebagai wujud diplomasi Indonesia itu ada nilai yang lebih tinggi lagi. Batik sebagai branding Indonesia," pungkasnya.

Sumber : finance.detik.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar